-->

Social Media Icons

10 December 2016

Mengatasi Mani Encer Dengan Kemiri

author photo
Banyak pria yang mengalami masalah dengan sperma dan air maninya (semen), terutama terkait kondisi kekentalan sperma dan air mani atau yang biasa dinamakan sperma encer/mani encer maupun jumlah sperma dan mani yang sedikit.

Sperma dan air mani (semen) memiliki keterkaitan dan peran yang penting dalam proses pembuahan sel telur pada wanita. oleh karena itu jika pria memiliki masalah atau keluhan terhadap kedua hal tersebut ( sperma dan air mani) dapat dipastikan kemampuan pria akan berkurang terutama untuk keberhasilan mendapatkan keturunan.

 Kondisi Sperma yang Sehat

Secara medis, kondisi sperma yang sehat harus berwarna putih keabu-abuan atau berwarna putih disertai beberapa bagian yang mungkin tampak jernih / berawan. Sedangkan adanya warna lain (misalnya merah, kuning, coklat, dsb) dapat menunjukkan suatu tanda adanya masalah atau kelainan pada sperma Anda.

Seringkali pria mendapati kondisi spermanya berwarna agak kekuningan, tetapi kebanyakan kondisi tersebut hanya bersifat sementara dan akan segera kembali normal.

Kekentalan sperma dan air mani juga harus mendapat perhatian secara khusus. Jika didapati kondisi sperma dan air mani Anda ternyata sedikit dan encer, sangat penting bagi Anda untuk segera berkonsultasi ke dokter ahli dan mendapatkan penanganan secepatnya.

 Penyebab Sperma Encer dan Mani Encer

Seorang ahli Seksolog dari Fakultas Kedokteran Universitas TarumaNegara bernama dr. Andri Wanananda MS, menyampaikan bahwa sperma encer tidak selalu berujung pada kemandulan. Kondisi Sperma dan air mani pada pria sangat dipengaruhi oleh pola makan dan kadar hormon testosteron. Namun, tidak menutup kemungkinan jika kondisi sperma dan air mani encer dapat memperburuk keadaan jika tidak sesegera mungkin ditangani secara tepat, sehingga berujung pada kemandulan.

Baca juga:
Cara Ampuh Mengobati Sakit Gigi

Pencegahan Terhadap Terjadinya Sperma Encer dan Mani Encer

1. Mengurangi Masturbasi/onani

Melakukan onani atau masturbasi mungkin sudah biasa dilakukan oleh sebagian besar kaum pria. perilaku ini tidak menutup kemungkinan menjadi salah satu penyebab terjadinya kondisi mani encer dan sperma encer.

Aktifitas onani/masturbasi yang berlebihan dapat mengakibatkan penurunan tingkat kekentalan sperma dan air mani secara drastis.

Seringnya melakukan masturbasi/onani merangsang fungsi saraf parasimpatik yang memproduksi hormon seks seperti asetilkolin, dopamin dan serotonin bekerja secara berlebihan. Ketidaknormalan tingginya hormon seks ini mengakibatkan otak dan kelenjar adrenal menghasilkan performa yang terlalu besar dalam mengkonversi dopamine, norepinefrin dan epinefrin.

Pengaruh dari proses yang tidak normal tersebut diatas dapat menyebabkan beberapa dampak serius, seperti: kecerdasan berkurang, kurangnya daya rangsang akibat kecanduan onani, badan cepat lelah dan dalam beberapa kasus menyebabkan badan menjadi kurus, sulit konsentrasi, susah tidur, jantung sering berdebar-debar, berpotensi mengidap penyakit psikologi yang bernama 'Bipolar Disorder'  atau gangguan bipolar, dan masih banyak dampak buruk lainnya.

2. Mengurangi Rokok dan Minuman Beralkohol

Rokok dan Alkohol memiliki kandungan berbahaya yang dapat menyebabkan gangguan seksual khususnya pada pria. Rokok memiliki kandungan nikotin yang berbahaya bagi jantung dan bisa menyebabkan kemandulan.

Begitupun efek negatif dari minuman beralkohol. Walaupun alkohol sering disebut sebagai salah satu zat afrodisiak yang dapat membangkitkan gairah seksual, namun kebiasaan minum alkohol secara berlebih dapat berpengaruh terhadap kondisi sperma dan air mani pria. Alkohol merupakan depresan system saraf, yang secara nyata memblokir impuls saraf dan berdampak pada tidak sinkronnya komunikasi antara fungsi saraf dengan tubuh.

3. Olahraga Teratur

Hidup sehat adalah satu cara mencegah terjadinya sperma encer dan mani encer. Rutin berolahraga kan menstabilkan dan memaksimalkan metabolisme tubuh. Olahraga merupakan cara alami dan efektif dalam membantu mengentalkan sperma dan air mani Anda.

4. Mengatur Pola Makan Sehat

Bagaimanapun juga kualitas sperma sangat dipengaruhi oleh apa yang Anda konsumsi setiap hari. Memperbanyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran yang sehat dapat membantu menjaga dan meningkatkan kualitas sperma dan air mani.

Mengkonsumsi daging dan ikan juga sangat bagus bagi kesehatan tubuh, terutama kesehatan sperma dan air mani Anda. Sedari itu, terapkan konsep menu berimbang setiap harinya agar kesehatan tubuh dapat bekerja secara optimal.

5. Mengurangi Stress

Kondisi mental atau psikis memberikan andil yang besar dalam mempengaruhi kondisi kesehatan sperma dan air mani Anda.

Untuk mencegah stress, Anda bisa melakukan kegiatan menyenangkan dengan berekreasi maupun melakukan hoby dan menghindari gangguan yang menyebabkan stress Anda muncul kembali.

Baca juga:
Manfaat daun pegagan untuk kesehatan

Cara meramu obat mani encer sangat mudah dan begini caranya.

Siapkan Bahan Bahannya

7 Butir kemiri 1 butir telur ayam 2 sendok madu asli Tumbar yang disangrai

Cara Membuatnya

Siapkan 7 butir kemiri yang sudah anda bersihkan bagian kulitnya. Lalu bakar diatas api sampai kemiri itu hangus dan mengeluarkan minyak.

Bakar sampai menjadi arang. Kemudian setelah itu tumbuk sampai hancur. Kemudian ambil bahan campuran 1 butir telur ayam diambil bagian kuningnya dan 1 sendok madu murni yang asli,

Campurkan bahan tersebut lalu aduk sampai benar benar rata. Setelah itu campur dengan tumbar yang sudah disangrai secukupnya jangan terlalu banyak seujung sendok teh saja,

Aduk sampai rata lalu minum dan habiskan bersama ampasnya. Lakukan hal itu setiap hari dan setelah 1 minggu yang berarti 7 kali anda meminum ramuan tradisional tersebut.

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
,,,