18 December 2016

Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

author photo
banner
Manfaat buah salak untuk kesehatan sudah cukup lama dikenal. Salak merupakan buah asli Indonesia yang tumbuh dengan mudah di negara kita yang beriklim tropis ini. Kita juga bisa menemukan tanaman salak dan membeli buah salak di mana-mana karena memang buah yang satu ini sangat mudah dijumpai.

Rasa salak yang eksotis, sedikit asam, sedikit manis dan sedikit sepat membuat orang sangat menyukainya. Di samping rasanya yang enak, buah salak ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan serat yang tinggi dalam buah salak dapat membantu tubuh dalam mengatasi dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Buah salak sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh Anda yang berencana menurunkan berat badan. Buah salah kaya akan serat dan serat sangat dibutuhkan oleh mereka yang sedang berdiet agar merasa kenyang lebih lama.


Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Tubuh

Serat salak terbanyak terdapat pada kulit aria atau kulit tipis yang menempel pada daging buah salak. Oleh karena itu, jika ingin mengkonsumsi salak untuk diet, sebaiknya buah salak dimakan tanpa menghilangkan kulit arinya.

Manfaat buah salak untuk kesehatan tubuh antara lain untuk kesehatan mata. Kandungan betakaroten yang cukup tinggi dalam buah salak dapat menjaga kesehatan mata. Selain itu, salak bisa juga digunakan untuk mencegah penyakit diare.

Banyak orang menggunakan salak untuk mengobati diare. Kandungan gizi dalam sebuah salak antara lain adalah protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, fosfor dan kalsium. Sedangkan untuk vitaminnya, buah salak mengandung banyak sekali vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.

Buah salak juga dikenal dapat menjaga kesehatan otak. Kandungan potassium dalam buah salak sangat dibutuhkan oleh sistim saraf untuk meningkatkan kinerja otak. Apabila otak dapat bekerja dengan baik, maka organ-organ tubuh lainnya juga akan berfungsi dengan baik tanpa masalah. Buah salak juga diketahui dapat melancarkan BAB dan mencegah sembelit.

Ini mungkin berbanding terbalik dengan apa yang dipercayai masyarakat bahwa mengkonsumsi buah salak justru akan membuat kita susah BAB. Hal tersebut hanya mitos yang tidak benar. Sebab, sekali lagi, kulit ari yang terdapat pada buah salak mengandung serat yang tinggi sehingga justru dapat mencegah sembelit.

Mengingat besarnya manfaat buah salak untuk kesehatan tentu kita tak akan ragu-ragu lagi untuk mengkonsumsi buah salak. Akan tetapi jaga agar konsumsinya tidak terlalu banyak. Dalam satu hari, Anda boleh mengkonsumsi buah salak sebanyak 3-5 buah saja.

Di luar jumlah tersebut dikhawatirkan salak justru akan menimbulkan masalah kesehatan misalnya masalah pencernaan. Harga salak yang murah tentu membuat kita tidak akan kesulitan untuk membelinya dimana-mana. Saat ini, salak yang cukup dikenal adalah salak Bali dan salak Pondoh dari Jogjakarta.
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement