-->

Social Media Icons

04 October 2016

8 Manfaat wortel untuk kesehatan tubuh

author photo
8 Manfaat wortel untuk kesehatan tubuh
8 Manfaat wortel untuk kesehatan tubuh
Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang mendunia karena banyaknya kandungan gizi dan vitami yang terkandung didalamnya, maka hampir di semua negara dapat di jumpai saayuran yang berwarna oren ini.

Banyaknya kandungan gizi dan vitamin maka banyak sekali yang gemar makan wortel baik disajikan dlm bentuk masakan, jus ataupun di makan mentah.

Berikut berbagai nutrisi yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi 100 gram wortel mentah, diuraikan dalam tabel di bawah ini:


Kandungan GiziNila GiziPresentase Nilai Gizi
Energi41 kalori2 %
Karbohidrat9,58 gram7 %
Protein0,93 gram0,93 %
Lemak Total0,24 gram1 %
Kolesterol0 gram0 %
Serat2,8 gram7 %
Folat19 µg5 %
Niacin0,983 mg6 %
Asam panthothenic0,273 mg5,5 %
Pyriodoxine0,138 mg10 %
Riboflavin0,058 mg4 %
Thiamin0,066 mg6 %
Vitamin A16706 IU557 %
Vitamin C5,9 mg10 %
Vitamin K13,2 µg11 %
Sodium69 mg4,5 %
Potasium320 mg6,5 %
Kalsium33 mg3 %
Tembaga0,045 mg5 %
Zat Besi0,30 mg4 %
Magnesium12 mg3 %
Mangan0,143 mg6 %
Fosfor35 mg5 %
Selenium0,1 µg< 1 %
Zinc0,24 mg2 %
Carotene- α3427 µg
Carotene-β8285 µg
Cypto xanthin β0 µg
Lutein zeaanthin256 µg

Dilihat dari banyaknya kandungan gizi dan vitami wortel tidak heran lagi kalo wortel bisa untuk menyembuhkan atau mencegah berbagai jenis penyakit yang sering kita derita, diantara beberapa jenis penyakit yang bisa sembuh atau di cegah dengan mengonsumsi wortel adalah:

1. Mencegah setrok

Jika anda rutin mengonsumsi wortel minimal 6 buah wortel dalam seminggu anda memiliki resiko terkena strok lebih rendah di bandingkan dengan yang hanya mengonsumsi sebuah wortel dalam seminggu.

2. Meningkatkan ketajaman penglihatan

Wortel yang banyak mengandung vitamin A bisa meningkatkan ketajaman penglihatan di malam hari.
Bila kita sering makan wortel yang banyak mengandung vitamin A nantinya vitamin A ini akan di ubah menjadi bentuk rodopsin di dalam retina dan rodopsin ini metupakan pigmen ungu yang sangat dibutuhkan mata untuk meningkatkan ketajaman penglelihatan terutama di malam hari.

3. Wortel dapat menyehatkan kulit wajah

Bila ingin kulit wajah anda akan sehat buatlah masker dari wortel dan madu.
Caranya parut wortel dan dicampur dengan madu kemudian buatlah ramuan alami ini sebagai masker insya allah wajah anda akan tampak lebih muda dan bercahaya.

4. Menjaga kesehatan gigi

Wortel juga mengandung mineral bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi bila anda wau rutin mengonsumsi wortel insya allah anda tidak akan mudah sakit gigi karena gigi anda menjadi sehat kan kuat tidak mudah terserang oleh kuman dan bakteri yang ada digigi.

5. Wortel bisa melancarkan pencernaan

Banyaknya kandungan serat pada wortel bisa membantu melancarkan proses pencernaan dan sangat cocok untuk menu bagi yang sedang menjalani diet.

6. Menghilangkan racun

Wortrl bisa untuk menghilangkan racun dalam tubuh, mungkin racun bisa masuk melalui makanan atau minuman yang kita konsumsi.
Karena wortel banyak mengandung vitamin A yang bisa menyehatkan mata ternyata vitamin A juga bisa untuk menghilangkan racun dalam tubuh.

7. Wortel untuk menyehatkan jantung

Banyaknya kandungan gizi dan vitamin  dalam wortel, bila anda mengonsumsi wortel diyakini akan bisa menjaga kesehatan jantung yang setiap hari 24 jam non stop bekerja memompa darah keseluruh tubuh.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sebuah penelitian menemukan bahwa daya tahan tubuh meningkat setelah mengonsumsi jus wortel. Selain itu, penelitian lainnya mengungkapkan bahwa memberikan wortel pada anak yang sedang menderita diare dapat mempercepat proses penyembuhannya. 


8 Manfaat wortel untuk kesehatan tubuh
8 Manfaat wortel untuk kesehatan tubuh

Itulah sedikit ulasan tentang manfaat wortel bagi tubuh kita. Bagi yang tidak suka memakan wortel semoga setelah membaca tulisan ini anda ada keinginan untuk mencoba mengonsumsi sayur wortel.


Baca juga 5 Manfaat daun sledri


Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
,,,