-->

Social Media Icons

02 October 2016

Manfaat Daun Dandang Gendis

author photo
Dandang gendis merupakan sebuah tanaman liar yang banyak tumbuh di pekarangan rumah atau di pinggir pinggir perkampungan, biasanya masyarakat banyak yang memanfaatkan tanaman ini sebagai pagar kebun atau pagar halaman rumah.

Kalau di daerah jawa tanaman dandang gendis bisa diartikan dandang= alat untuk memasak / periuk
Gendis = diartikan gula kalo diterjemahkan sekaligus mungkin artinya bisa menjadi priuk untuk memasak gula atau membuat gula.

Mungkin tanaman tersebut dinamakan dandang gendis karena sesuai dengan manfaatnya yang mampu untuk mengobati diabetes atau sakit gula.

Yah salah satu manfaat dari tanaman dandang gendis adalah untuk mengobati penyakit diabetes atau di indonesia sering di sebut kencing manis adalah  kelainan metabolik yang disebabkan oleh banyak faktor seperti kurangnya insulin atau ketidakmampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin (Insulin resistance), dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat , lemak dan protein.
cara pengobatanya yaitu

Siapkan sekitar 15 hingga 20 lembar daun dandang gendis kemudian di cuci bersih, rebus dengan 4 gelas air bersih tunggu hingga air tersisa 2 gelas.
Setelah air tinggal 2 gelas pisahkan air dan daunnya tunggu sampe dingin kemudian baru diminum 2 kali sehari,
Sekali minum satu gelas saja.
Lakukan secara rutin hingga sakit membaik.

Selain bisa untuk mengobati diabetes ternyata daun dandang gendis juga bisa untuk mengobati beberapa jenis penyakit lainnya diantaranya yaitu:

Untuk mengobati desentri

Mengobati diare

Menurunkan demam

Mengobati herpes

Secara umum manfaat dandang gendis untuk pencegahan penyakit bukan pengobatan jadi yang mengalami sakit ginjal jangan terlalu sering mengonsumsi ramuan dandang gendis juga bagi ibu hamil tidak dianjurkan minum ramuan ini karena efek abortivum tanaman ini belum di ketahui dan bila memang mau mengonsumsi sebaiknya berkonsultasi dulu kedokter atau pakar kesehatan herbal.


Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
,,,