-->

Social Media Icons

20 October 2016

Manfaat Buah Manggis untuk kesehatan

author photo
Manfaat Buah Manggis
Manfaat Buah Manggis
Buah manggis tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini karena buah ini banyak di jual ditoko toko buah bahkan di pasar pasar tradisional juga ada yang menjualnya.

Buah manggis memiliki bentuk buah bulat kulit tebal berwana ungu, daging buah ber tekstur lembut dan punya rasa yang manis
Buah manggis dapat tumbuh dan berbuah di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Menurut para peneliti kulit manggis mengandung 50 senyawa xanthone. Xantone adalah bioflavonoid yang bersifat antioksidan, anti bakteri,antialergi,antitumor,antihistamin dan juga antiinflamasi.

Jadi buah manggis selain bisa di makan daging buahnya ternyata kulitnyapun bisa dimanfaatkan untuk penyembuhan banyak jenis penyakit,
Beberapa penyakit yang bisa di obati dengan kulit manggis diantaranya adalah :


  • Mencegah sakit jantung
  • Mengobati diare 
  • Mencegah kangker
  • Menurunkan diabetes
  • Mengobati sariawan


Cara pengolahan untuk pencegahan atau pengobatan penyakit yaitu bisa memanfaatkan pada kulit manggis bagian dalam caranya yaitu memisahkan bagian kulit manggis dan daging buah manggis kemudian mengerok kulit manggis bagian dalam.

Setelah mengambil bagian dalam kulit manggis kemudian menghaluskannya dengan mengaduk didalam gelas atau memblendernya, dan konsumsilah secara rutin 2 kali sehari bila terasa pahit saat mengonsumsinya bisa ditambakkan sedikit madu.

Manfaat Buah Manggis
Manfaat Buah Manggis

Kulit manggis selain banyak manfaatnya ternyata bila kita mengonsumsi secara berlebihan juga memiliki efek samping diantaranya yaitu

1. Alergi yang mengganggu sitem kerja anggota tubuh

Sakit kepala
Perut mual dan kembung
Nyeri pada sendi
Nyeri otot
Insomnia dan jantung berdebar debar

2. Alergi yang ringan

Gatal gatal pada kulit
Kulit bersisik
Terjadi pembengkakan
Kulit kemerah merahan

3. Selain itu manggis juga mengandung kadar resin,serat kasar dan juga tanin yag bisa menggakibatkan gangguan pencernaan.


Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
,,,